Close Menu
Vimora.idVimora.id
  • Beranda
  • Politik
  • Ekonomi
  • Lifestyle
  • Artikel
What's Hot

PBB Kecam Dunia Bungkam atas Kekejaman terhadap Perempuan Gaza

1 Nov 2025

Prabowo dan Lee Jae Myung Teguhkan Aliansi Ekonomi-Defence Baru

1 Nov 2025

Menaker Wanti-wanti Program Magang Nasional Tak Jadi Ajang Eksploitasi

1 Nov 2025
1 2 3 … 777 Next
Facebook X (Twitter) Instagram
Facebook X (Twitter) Instagram
Vimora.idVimora.id
Subscribe
  • Beranda
  • Politik

    Prabowo dan Lee Jae Myung Teguhkan Aliansi Ekonomi-Defence Baru

    1 Nov 2025

    Tito Karnavian Tegaskan Loyalitas Kepala Daerah terhadap Program Nasional

    30 Okt 2025

    Prabowo Soroti Parahnya Korupsi, Janji Tindak Tegas

    29 Sep 2025

    Prabowo Rapat Evaluasi MBG, Pastikan Tepat Sasaran

    29 Sep 2025

    Dasco Desak BGN dan APH Tuntaskan Kasus Keracunan MBG

    25 Sep 2025
  • Ekonomi
  • Lifestyle

    Bukan Malas, Cuma Belum Punya Sistem Hidup

    29 Sep 2025

    Rahasia Tetap Kenyang dan Sehat Tanpa Harus Makan Nasi

    22 Sep 2025

    Menyambut Idul Adha: Pahami Aspek Hukum dalam Ibadah Kurban

    26 Mei 2025

    Terobosan PPNS: Teknologi Deteksi Gas Berbasis Android untuk Keamanan Kerja

    20 Des 2024

    Panduan Olahraga Ringan di Rumah untuk Tetap Bugar di Tengah Kesibukan

    25 Nov 2024
  • Artikel
Vimora.idVimora.id

DPRD Kaltim Kritik Layanan Perbaikan Pertamina yang Tak Transparan

Kritik DPRD Kaltim terhadap janji Pertamina menyorot transparansi layanan perbaikan akibat dugaan BBM bermasalah di tiga kota.
DPRD Kaltim AisyahAisyah7 Mei 2025516
Facebook Twitter Pinterest LinkedIn Tumblr Reddit Telegram Email
DPRD Kaltim Kritik Layanan Perbaikan Pertamina yang Tak Transparan
Rapat dengar pendapat gabungan komisi di DPRD Kalimantan Timur (dok/vimora)
Share
Facebook Twitter LinkedIn Pinterest Email

Samarinda – Janji Pertamina untuk menyediakan layanan perbaikan kendaraan terdampak bahan bakar minyak (BBM) bermasalah tampaknya masih menjadi angin lalu.

DPRD Kalimantan Timur mempertanyakan kejelasan implementasi layanan yang diklaim sudah tersedia di Samarinda, Balikpapan, dan Bontang, namun belum menunjukkan bentuk pelayanan yang transparan dan terverifikasi.

Layanan tersebut sejatinya diumumkan menyusul audiensi dengan DPRD Kaltim pada 9 April lalu. Namun, mekanisme klaim, standar pelayanan, hingga tahapan verifikasi kerusakan kendaraan belum dipublikasikan secara menyeluruh. Kondisi ini menimbulkan keresahan, baik dari sisi masyarakat yang dirugikan maupun potensi penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Informasinya sudah dibuka di Bontang, Balikpapan, dan Samarinda. Tapi sejauh mana pelaksanaannya? Syarat dan ketentuannya bagaimana? Ini yang harus diperjelas,” tegas Wakil Ketua Komisi II DPRD Kaltim, Sapto Setyo Pramono, dalam rapat dengar pendapat, Senin (5/5/2025).

Sapto juga mengingatkan akan pentingnya verifikasi yang cermat dalam setiap klaim, agar tidak terjadi manipulasi data oleh oknum yang ingin memanfaatkan situasi.

Ia menyarankan agar konsumen yang ingin mengajukan klaim wajib menyertakan bukti pembelian BBM, rincian waktu dan lokasi pengisian, serta kondisi kendaraan sebelum dan sesudah kerusakan.

“Makanya harus hati-hati. Harus jelas, misalnya beli di SPBU mana, tanggal dan jam berapa, lalu kendaraan rusak setelah beberapa kilometer. Ada bukti, ada catatan,” lanjutnya.

Meskipun begitu, Komisi II DPRD Kaltim belum menjadwalkan pemanggilan ulang terhadap pihak Pertamina. Saat ini, dewan masih disibukkan dengan agenda lainnya, seperti pengawasan di sektor perkebunan dan pembahasan program ekonomi daerah. Namun, Sapto memastikan bahwa pihaknya tetap memantau realisasi janji Pertamina.

“Kita atur dulu. Tapi kami tetap akan evaluasi yang sudah berjalan,” imbuhnya.

Menurut Sapto, insiden ini harus dijadikan peringatan keras bagi Pertamina agar tidak mengabaikan aspek pengawasan dan integritas. Ia menegaskan bahwa perusahaan milik negara memiliki kewajiban moral dan hukum untuk menjamin kualitas layanan kepada masyarakat.

“Pertamina ini milik bangsa, jangan sampai rusak karena kelalaian sistem atau oknum. Profesionalitas itu penting. Dan paling penting, bersihkan dari tindak pidana korupsi,” tandasnya.

Silakan Bekomentar
Berita Kaltim DPRD Kaltim Layanan Konsumen Pertamina Kalimantan
Share. Facebook Twitter Pinterest LinkedIn Tumblr Email

Related Posts

DPRD Kaltim Akhiri Mediasi, Kasus RSHD Tunggu Putusan Hukum

Sosper ke-9 Damayanti Hidupkan Kembali Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila

PPU Tetap Jadi Lumbung Padi, Harum Ingatkan Petani

Berita Terkini

PBB Kecam Dunia Bungkam atas Kekejaman terhadap Perempuan Gaza

AisyahAisyah1 Nov 2025 Global

Prabowo dan Lee Jae Myung Teguhkan Aliansi Ekonomi-Defence Baru

1 Nov 2025

Menaker Wanti-wanti Program Magang Nasional Tak Jadi Ajang Eksploitasi

1 Nov 2025

Indonesia Negosiasi Tarif Nol Persen untuk Sawit dan Karet ke AS

31 Okt 2025
Stay In Touch
  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • YouTube
  • TikTok
  • WhatsApp
Artikel Terkini

Bukan Malas, Cuma Belum Punya Sistem Hidup

29 Sep 2025

Rahasia Tetap Kenyang dan Sehat Tanpa Harus Makan Nasi

22 Sep 2025

Mekanisme Perlindungan Hak Cipta Lagu dan Penarikan Royalti melalui Lembaga Manajemen Kolektif

4 Jul 2025

Menyambut Idul Adha: Pahami Aspek Hukum dalam Ibadah Kurban

26 Mei 2025

Rakyat Dijadikan Figuran oleh “Bapak Aing”

27 Feb 2025

Terobosan PPNS: Teknologi Deteksi Gas Berbasis Android untuk Keamanan Kerja

20 Des 2024
© 2025 | Vimora.id by Dexpert, Inc.
PT Dexpert Visi Media
  • Redaksi
  • Kode Etik
  • Pedoman
  • Kontak

Type above and press Enter to search. Press Esc to cancel.