Close Menu
Vimora.idVimora.id
  • Beranda
  • Politik
  • Ekonomi
  • Lifestyle
  • Artikel
What's Hot

Semangat Baru Olahraga Tasikmalaya, PB IGOCIS Siap Cetak Atlet Muda

4 Okt 2025

ICW Desak Usut Peran Dito Ariotedjo di Kasus BTS

2 Okt 2025

Pemerintah Tegaskan Evaluasi KLB MBG Dilakukan Menyeluruh

2 Okt 2025
1 2 3 … 775 Next
Facebook X (Twitter) Instagram
Facebook X (Twitter) Instagram
Vimora.idVimora.id
Subscribe
  • Beranda
  • Politik

    Prabowo Soroti Parahnya Korupsi, Janji Tindak Tegas

    29 Sep 2025

    Prabowo Rapat Evaluasi MBG, Pastikan Tepat Sasaran

    29 Sep 2025

    Dasco Desak BGN dan APH Tuntaskan Kasus Keracunan MBG

    25 Sep 2025

    KPK Dorong Perpres Tegas Soal Rangkap Jabatan Usai Putusan MK

    18 Sep 2025

    DPP PKS Terbitkan SK Baru, Ismail Latisi Nahkodai DPD Samarinda 2025–2030

    7 Sep 2025
  • Ekonomi
  • Lifestyle

    Bukan Malas, Cuma Belum Punya Sistem Hidup

    29 Sep 2025

    Rahasia Tetap Kenyang dan Sehat Tanpa Harus Makan Nasi

    22 Sep 2025

    Menyambut Idul Adha: Pahami Aspek Hukum dalam Ibadah Kurban

    26 Mei 2025

    Terobosan PPNS: Teknologi Deteksi Gas Berbasis Android untuk Keamanan Kerja

    20 Des 2024

    Panduan Olahraga Ringan di Rumah untuk Tetap Bugar di Tengah Kesibukan

    25 Nov 2024
  • Artikel
Vimora.idVimora.id

Cerita di Balik Motif Bordir Tasik Jadi Senjata Pemasaran Masa Depan

Riset Politeknik Triguna kembangkan strategi pemasaran bordir melalui storytelling budaya lokal.
Pendidikan AisyahAisyah17 Sep 2025
Facebook Twitter Pinterest LinkedIn Tumblr Reddit Telegram Email
Cerita di Balik Motif Bordir Tasik Jadi Senjata Pemasaran Masa Depan
Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Politeknik Triguna.
Share
Facebook Twitter LinkedIn Pinterest Email

Tasikmalaya – Focus Group Discussion (FGD) yang digelar di Hotel Santika, Rabu (17/9/2025), menghadirkan pakar marketing, akademisi, pejabat pemerintah, dan pelaku usaha bordir. Kegiatan ini bertujuan memvalidasi model penelitian Customer Journey Mapping (CJM) berbasis storytelling budaya dan potensi pasar.

Acara diselenggarakan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Politeknik Triguna dengan ketua peneliti Lina (Ketua Prodi SIB), Fahmi (Wadir Kemahaiswaan), Dina (Ketua LPPM) dan tim dosen penerima hibah penelitian.

Hasil riset ini diharapkan mampu menghadirkan solusi strategis bagi keberlangsungan usaha bordir dan anyaman di Tasikmalaya. Dalam forum ini, model CJM yang ditawarkan dipresentasikan, dikritisi, dan diperbaiki dengan mempertimbangkan teori sekaligus pengalaman nyata pelaku usaha.

Sentuhan Emosional dalam CJM

Seluruh peserta FGD, mulai dari pakar hingga pelaku usaha, sepakat bahwa setiap fase dalam CJM harus menyentuh sisi emosional pelanggan. Dengan demikian, pelanggan bukan hanya bertransaksi, melainkan juga merasakan pengalaman berbelanja yang berkesan sehingga tumbuh loyalitas.

Salah satu aspek yang dianggap paling kuat adalah kehadiran storytelling. Cerita tentang perjuangan pengusaha lokal, makna motif, dan sejarah bordir diyakini mampu menumbuhkan keterikatan emosional pelanggan.

Pandangan Beragam Narasumber

Kartawan professor ahli marketing, selaku pakar menekankan pentingnya co-creation atau keterlibatan pelanggan dalam menciptakan pengalaman. Dadan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disdag) menambahkan bahwa storytelling perlu diformulasikan dalam bentuk panduan yang bisa dipraktikkan pelaku usaha.

Yopi sebagai pengusaha Yolla Bordir, menegaskan bahwa emosi harus ditumbuhkan sejak sebelum proses pembelian dimulai. Sementara itu, Deri sebagai Kepala Pasar menekankan urgensi mengintegrasikan pasar online dan offline agar jangkauan pelanggan semakin luas.

Menuju Prototipe Aplikasi

Penelitian ini tidak berhenti pada tataran akademik. Tim Politeknik Triguna menargetkan model hasil riset ini dapat dikembangkan menjadi prototipe aplikasi yang praktis. Aplikasi tersebut nantinya bisa digunakan pelaku usaha industri kreatif, khususnya sektor bordir dan anyaman, untuk mengoptimalkan pemasaran berbasis pengalaman emosional pelanggan.

“Melalui model ini, pelaku usaha tidak hanya menjual produk, tetapi juga menghadirkan cerita dan nilai budaya yang membuat pelanggan semakin terikat,” ujar salah satu peneliti, Lina, usai diskusi.

Silakan Bekomentar
Bordir Tasikmalaya Customer Journey Mapping Pemasaran Kreatif Storytelling Budaya
Share. Facebook Twitter Pinterest LinkedIn Tumblr Email

Related Posts

Temu Perdana ISJ Sulsel 2025 Berlangsung Meriah di Maros

PTA Pramuka SMKN 1 Watampone, Cetak Generasi Berkarakter

KMD Pramuka PGSD Bone Dibuka, Ini Misi Besarnya

Berita Terkini

Semangat Baru Olahraga Tasikmalaya, PB IGOCIS Siap Cetak Atlet Muda

AisyahAisyah4 Okt 2025 Daerah

ICW Desak Usut Peran Dito Ariotedjo di Kasus BTS

2 Okt 2025

Pemerintah Tegaskan Evaluasi KLB MBG Dilakukan Menyeluruh

2 Okt 2025

Hari Batik Nasional: Menyelami Makna Sakral di Balik Motif Klasik

2 Okt 2025
Stay In Touch
  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • YouTube
  • TikTok
  • WhatsApp
Artikel Terkini

Bukan Malas, Cuma Belum Punya Sistem Hidup

29 Sep 2025

Rahasia Tetap Kenyang dan Sehat Tanpa Harus Makan Nasi

22 Sep 2025

Mekanisme Perlindungan Hak Cipta Lagu dan Penarikan Royalti melalui Lembaga Manajemen Kolektif

4 Jul 2025

Menyambut Idul Adha: Pahami Aspek Hukum dalam Ibadah Kurban

26 Mei 2025

Rakyat Dijadikan Figuran oleh “Bapak Aing”

27 Feb 2025

Terobosan PPNS: Teknologi Deteksi Gas Berbasis Android untuk Keamanan Kerja

20 Des 2024
© 2025 | Vimora.id by Dexpert, Inc.
PT Dexpert Visi Media
  • Redaksi
  • Kode Etik
  • Pedoman
  • Kontak

Type above and press Enter to search. Press Esc to cancel.