Close Menu
Vimora.idVimora.id
  • Beranda
  • Politik
  • Ekonomi
  • Lifestyle
  • Artikel
What's Hot

Semangat Baru Olahraga Tasikmalaya, PB IGOCIS Siap Cetak Atlet Muda

4 Okt 2025

ICW Desak Usut Peran Dito Ariotedjo di Kasus BTS

2 Okt 2025

Pemerintah Tegaskan Evaluasi KLB MBG Dilakukan Menyeluruh

2 Okt 2025
1 2 3 … 775 Next
Facebook X (Twitter) Instagram
Facebook X (Twitter) Instagram
Vimora.idVimora.id
Subscribe
  • Beranda
  • Politik

    Prabowo Soroti Parahnya Korupsi, Janji Tindak Tegas

    29 Sep 2025

    Prabowo Rapat Evaluasi MBG, Pastikan Tepat Sasaran

    29 Sep 2025

    Dasco Desak BGN dan APH Tuntaskan Kasus Keracunan MBG

    25 Sep 2025

    KPK Dorong Perpres Tegas Soal Rangkap Jabatan Usai Putusan MK

    18 Sep 2025

    DPP PKS Terbitkan SK Baru, Ismail Latisi Nahkodai DPD Samarinda 2025–2030

    7 Sep 2025
  • Ekonomi
  • Lifestyle

    Bukan Malas, Cuma Belum Punya Sistem Hidup

    29 Sep 2025

    Rahasia Tetap Kenyang dan Sehat Tanpa Harus Makan Nasi

    22 Sep 2025

    Menyambut Idul Adha: Pahami Aspek Hukum dalam Ibadah Kurban

    26 Mei 2025

    Terobosan PPNS: Teknologi Deteksi Gas Berbasis Android untuk Keamanan Kerja

    20 Des 2024

    Panduan Olahraga Ringan di Rumah untuk Tetap Bugar di Tengah Kesibukan

    25 Nov 2024
  • Artikel
Vimora.idVimora.id

Samarinda dan Balikpapan Dominasi Laporan Pengaduan Publik di Kaltim 2024

Pemerintah AisyahAisyah10 Des 2024
Facebook Twitter Pinterest LinkedIn Tumblr Reddit Telegram Email
Ombudsman RI
Kepala Keasistenan Penerimaan dan Verifikasi Laporan Ombudsman RI Kalimantan Timur (Kaltim) Frederikus Denny C
Share
Facebook Twitter LinkedIn Pinterest Email

Samarinda – Kota Samarinda dan Balikpapan mencatat jumlah laporan pengaduan pelayanan publik tertinggi di Kalimantan Timur sepanjang 2024.

Data tersebut diungkapkan oleh Kepala Keasistenan Penerimaan dan Verifikasi Laporan Ombudsman RI Kaltim, Frederikus Denny C, dalam acara Penyampaian Hasil Pengawasan Tahun Anggaran 2024 yang berlangsung di Hotel Harris Samarinda, Selasa (10/12/2024).

“Dari Samarinda terdapat 104 laporan, sementara Balikpapan mencatat 71 laporan,” ujar Frederikus. Angka ini jauh melampaui daerah lain, seperti Mahakam Ulu dengan 52 laporan, Berau 50 laporan, dan Paser 28 laporan.

Frederikus menjelaskan, tingginya angka laporan dari Samarinda dan Balikpapan disebabkan oleh posisi strategis kedua kota sebagai pusat aktivitas di Kaltim, serta kemudahan akses masyarakat untuk melaporkan masalah langsung ke kantor Ombudsman RI.

Namun, kondisi berbeda terlihat di wilayah lain, seperti Kutai Barat yang hanya mencatat 3 laporan dan Bontang dengan 20 laporan. Frederikus menekankan, meskipun jumlahnya kecil, pengaduan dari daerah ini tetap menjadi perhatian serius.

Untuk mengatasi kesenjangan pengaduan, Ombudsman Kaltim menginisiasi program jemput bola, terutama di wilayah terpencil seperti Mahakam Ulu dan Penajam Paser Utara. Upaya ini melibatkan edukasi langsung kepada masyarakat mengenai mekanisme pengaduan.

“Kami telah mendatangi wilayah terujung di Kaltim untuk memberikan pengetahuan tentang kelembagaan Ombudsman. Brosur dan informasi kami bagikan agar masyarakat lebih memahami mekanisme pengaduan,” kata Frederikus.

Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas laporan masyarakat, sehingga tidak hanya memperbanyak jumlah pengaduan, tetapi juga memberikan kontribusi nyata dalam mendorong perbaikan pelayanan publik di Kalimantan Timur.

Dengan angka pengaduan yang terus dipantau, Ombudsman RI Kaltim berkomitmen untuk menjembatani kebutuhan masyarakat dalam mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik di seluruh penjuru Kaltim.

Silakan Bekomentar
Balikpapan Berita Kaltim Ombudsman Kaltim RI Pelayanan Publik Samarinda
Share. Facebook Twitter Pinterest LinkedIn Tumblr Email

Related Posts

PPU Tetap Jadi Lumbung Padi, Harum Ingatkan Petani

Sengketa Kampung Sidrap, DPRD Kaltim Minta Pemprov Utamakan Netralitas

BPD BBU Bawa Aspirasi Warga Sangkulirang, dari PJU hingga Pemberdayaan

Berita Terkini

Semangat Baru Olahraga Tasikmalaya, PB IGOCIS Siap Cetak Atlet Muda

AisyahAisyah4 Okt 2025 Daerah

ICW Desak Usut Peran Dito Ariotedjo di Kasus BTS

2 Okt 2025

Pemerintah Tegaskan Evaluasi KLB MBG Dilakukan Menyeluruh

2 Okt 2025

Hari Batik Nasional: Menyelami Makna Sakral di Balik Motif Klasik

2 Okt 2025
Stay In Touch
  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • YouTube
  • TikTok
  • WhatsApp
Artikel Terkini

Bukan Malas, Cuma Belum Punya Sistem Hidup

29 Sep 2025

Rahasia Tetap Kenyang dan Sehat Tanpa Harus Makan Nasi

22 Sep 2025

Mekanisme Perlindungan Hak Cipta Lagu dan Penarikan Royalti melalui Lembaga Manajemen Kolektif

4 Jul 2025

Menyambut Idul Adha: Pahami Aspek Hukum dalam Ibadah Kurban

26 Mei 2025

Rakyat Dijadikan Figuran oleh “Bapak Aing”

27 Feb 2025

Terobosan PPNS: Teknologi Deteksi Gas Berbasis Android untuk Keamanan Kerja

20 Des 2024
© 2025 | Vimora.id by Dexpert, Inc.
PT Dexpert Visi Media
  • Redaksi
  • Kode Etik
  • Pedoman
  • Kontak

Type above and press Enter to search. Press Esc to cancel.